Selasa , 19 Sep 2017

 

KOMANDAN PUSDIKARHANUD

 

 

 

 

 

 

 

Kolonel Arh Rikas Hidayatullah


PUSDIKARHANUD

Pusdikarhanud PO BOX 59 Malang Jawa Timur Indonesia Tlp. (0341)461577

email redaksi  pusdikarh1@gmail.com atau admin@pusdikarhanud.mil.id

Contact Us


Profil Satuan


Info

Info Pendidikan

Jadwal Piket Admin

Kode Mata Kuliah

Transformasi Spiritual


 


LAPORAN PENDIDIKAN S-2 JURUSAN MANAJEMEN PERTAHANAN DI UNIVERSITAS PERTAHANAN INDONESIA TA 2011-2013

           Artikel ini berisi pengalaman belajar Mahasiswa Pulung Patria Daga di Universitas Pertahanan  Indonesia TA. 2011-2013 Jurusan Manajemen Pertahanan Angkatan ke-3. Tujuan penulisan artikel ini adalah sebagai laporan selesai pendidikan kepada Pimpinan di Pussenarhanud dan Pusdikarhanud sekaligus sebagai wadah penyebaran informasi (sharing information) mengenai keberadaan Institusi Universitas Pertahanan Indonesia (selanjutnya di singkat Unhan) kepada keluarga besar Korps Arhanud di manapun berada.

            Sejarah singkat berdirinya Unhan dimulai dari Rakortas tanggal 25 Maret 2008 di Istana Negara yang dipimpin Presiden RI dan dihadiri oleh Menko Kesra, Mendiknas, Menlu, Sekjen Dephan, Panglima TNI beserta para Kas Angkatan, dan Kapolri. Dalam Rakortas tersebut, Presiden menginisiasi pembentukan lembaga pendidikan tinggi pertahanan negara yang bertaraf Internasional. Ide Presiden ini dilatarbelakangi akibat semakin dinamisnya perkembangan situasi nasional dan internasional saat itu sehingga menuntut pemerintah untuk me-review Sishaneg yang ada,  berikut kebijakan dan strategi Keamanan Nasional pendukungnya. Selanjutnya, untuk menghadapi ketidakpastian situasi Keamanan global di masa depan, diperlukan penyiapan secara lebih dini para para pemimpin, manajer, dan analis pertahanan dan keamanan nasional yang berwawasan luas (outward looking).

            Setelah melalui proses penyiapan yang cukup panjang, pada akhirnya Unhan diresmikan pada tanggal 11 Maret 2009. Unhan didirikan dengan Visi “Menjadi Lembaga Intelektual Pertahanan (Defence Intellectual Agency) yang terintegrasi dengan sistem nasional & internasional dalam kerangka kerjasama Studi Pertahanan dengan mengutamakan ke-Bhineka Tunggal Ika-an (Unity in Diversity). Pada awal berdirinya, Unhan menyelenggarakan tiga program/fakultas pasca sarjana yaitu ; Sesko TNI, Sekolah Strategi Perang Semesta (SSPS), dan Sekolah Kajian & Pertahanan Strategis (SKPS).

Pada tahun 2011, Unhan membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru angkatan ke-3 untuk T.A 2011-2013 yang terbuka bagi umum dan personel militer. Penulis pada saat itu melalui prosedur kedinasan, mendaftarkan diri untuk mengikuti program beasiswa S-2 di universitas ini pada jurusan Manajemen Pertahanan yang berada di bawah Fakultas Sekolah Kajian & Pertahanan Strategis (SKPS). Fakultas SKPS ini sendiri menaungi tiga jurusan di bawahnya yaitu ; Manajemen Pertahanan, Manajemen Bencana, dan Ekonomi Pertahanan. Saat ini, Unhan telah mengembangkan jurusan yang sebelumnya empat menjadi tujuh jurusan yakni ; Sekolah Perang Semesta, Manajemen Pertahanan, Manajemen Bencana, Ekonomi Pertahanan, Peace and Conflict ResolutionEnergy Security, dan Asymetric Warfare

            Berikutnya, diberikan informasi bagi rekan-rekan perwira Arhanud dan PNS yang tertarik untuk melanjutkan studi S-2nya di Unhan. Persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon mahasiswa Unhan terdiri dari dua bagian, yakni persyaratan umum dan persyaratan khusus seperti yang terurai di bawah ini :

a.  Umum :

1)  Perwira TNI

2)  Kondite dan prestasi kerja baik

3)  Berbadan sehat (dengan surat keterangan dokter dari dinas)

4)  Mahir menggunakan komputer (aplikasi office dan internet)

b.  Khusus

1.  Jurusan Strategi Perang Semesta (SPS)

a)  Bagi TNI berpangkat Kolonel dan telah mengikuti Sekolah Staf dan Komando, Anggota Polri  berpangkat Kombes Pol dan telah mengikuti Suspim.

b)  PNS golongan III/c dan memiliki kualifikasi Strata 1 (IPK minimal 2,75).

 2. Jurusan Manajemen Pertahanan/ Manajemen Bencana/ Ekonomi Pertahanan/ Peace and Conflict Resolution/ Energy Security/ Asymetric Warfare

a)  Bagi Pegawai Negeri yang berkualifikasi Strata 1 (IPK minimal 2,75), berpangkat minimal Kapten/AKP bagi TNI/Polri, sedangkan bagi PNS minimal golongan III/b.

b)  Pegawai TNI/Polri yang belum berkualifikasi Strata 1 berlaku persyaratan :

(1)  TNI berpangkat minimal Kapten dan telah mengikuti Diklapa II/Sekkau/Suslapa.

(2)  Polri berpangkat minimal AKP dan telah mengikuti Diklapa II.

3. Materi Seleksi 

a) Tes Potensi Akademik (TPA)

b) Tes kemampuan bahasa Inggris (TOEFL)

c) Wawancara penelusuran minat.         

            Setelah penulis menyelesaikan tiga tahapan tes yang meliputi tes TPA, TOEFL, dan wawancara, pihak Unhan pada tanggal 10 Juni 2011 mengumumkan hasil seleksi yang sudah dilaksanakan melalui melalui website resminya www.idu.ac.id. Penulis menjadi salah satu calon mahasiswa yang lulus lulus seleksi  dan masuk dalam jurusan Manajemen Pertahanan di bawah fakultas SKPS.

            Kegiatan perkuliahan diawali dengan kegiatan Ice Breaking selama 2 hari yang dilaksanakan di kawasan Puncak, Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk mencairkan suasana di antara mahasiswa terutama antara mahasiswa dari kalangan militer dan sipil, sehingga nantinya kegiatan perkuliahan dapat berjalan lebih harmonis. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi permainan kerjasama outbond, ceramah kebangsaan, games, dan renungan suci. Selanjutnya, kegiatan perkuliahan langsung diadakan minggu berikutnya yang diawali dengan pemberian Program Matrikulasi selama dua minggu untuk menyiapkan mahasiswa dalam menerima materi kuliah inti.

            Program matrikulasi meliputi dua materi pokok yakni pembekalan materi Bahasa Indonesia dan materi Bahasa Inggris yang masing-masing berlangsung selama satu minggu. Dalam pembekalan Bahasa Inggris, staf pengajar yang berasal dari LBI-UI (Lembaga Bahasa Inggris-Universitas Indonesia) memberikan pelatihan membuat tulisan akademik dalam bahasa inggris dan teknik presentasi. Selanjutnya, pada minggu berikutnya, dosen Fakultas Bahasa Indonesia UI memberikan pembekalan tentang laras bahasa ilmiah, ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan, bahasa baku, serta organisasi karangan.         

Selepas masa matrikulasi, seluruh mahasiswa mulai masuk ke masa pemberian materi kuliah inti sesuai jurusan masing-masing. Jurusan yang di ambil penulis yakni Manajemen Pertahanan memulai modul satu yang berisi tiga materi sekaligus yakni ; Strategic Environment, International Humanitarian Law, dan Terrorism. Modul satu ini merupakan satu dari beberapa modul di jurusan Manajemen Pertahanan yang diberikan oleh dosen utama dari Cranfield University, Inggris yang merupakan universitas rujukan sekaligus mitra kerja Unhan. Seluruh modul perkuliahan pada jurusan Manajemen Pertahanan beserta dosen pengajarnya terurai pada tabel di bawah ini.

 

Modul

Materi

Dosen

1

Strategic Environment, International Humanitarian Law, Terrorism

Dr. Tom Malley, Anton Aliabbas, M.T &  Al Araf, M.T

2

Seni dan Ilmu Perang

Brigjen TNI Makmur Supriyanto, M.Sc & Kol (Lek) Rujito Asmoro, M.A

3

Defence Management & Leadership

Dr. Roger Darby

4

Ekonomi Pertahanan & Manajemen Finansial

Dr. Kodrat Wibowo & Dr. Sartika

5

Kuliah Kerja Dalam Negeri

(Pulau Sebatik, Kalimantan TImur)

Staf Dosen Unhan

6

Metodologi Ilmiah

Prof Dr. Sri Hartati, Ph.D & Dr. Urip

7

Good Governance, Security Sector Reform, and the Utility of Force

Dr. Ann Fitzgerald & Septi Hanif, M.T

8

Defence Acquisition & Logistic

Dr. Jim Campbell, Dr. Stuart Young, Haryo Budi, M.Si (Han)

9

Kuliah Kerja Luar Negeri

(Naval Post-Graduate School, USA)

Dosen Naval Post-Graduate School

10

Bencana dan Manajemen Resiko

Kol dr. Ben Yura Rimba, MARS &

Kol (Lek) Rudjito Asmoro, M.A

11

Keamanan di Asia Pasifik

Dr. Bantarto Bandoro &

Muh. Zaki M.Si (Han)

12

Human Resources Management and Change Management

Dr. Roger Darby &

Dr. Debby Savita

13

Sistem Pertahanan Negara

Kol. Czi Jan Pieter Ate, M.Bus

14

Tesis

Dosen Pembimbing (3 orang)

Catatan : Materi dengan judul dicetak miring diberikan oleh Dosen dari Cranfield University, Inggris dan Naval Post-Graduate School  AS, sedangkan materi dengan judul dicetak tegak disampaikan oleh dosen dalam negeri.

 

 

Mahasiswa Jurusan Manajemen Pertahanan angkatan ke-3 berjumlah 21 orang dengan komposisi delapan personil TNI, 3 personil PNS, dan 10 orang dari latar belakang sipil. Selengkapnya daftar nama mahasiswa Jurusan Manajemen Pertahanan angkatan ke-3 adalah sebagai berikut :

NO

NAMA

ASAL INSTANSI

1

Andrea Abdul R.A

KSI UI

2

Siska Haryani

HI UNPAD

3

Sulaiman Sujono

KOMISI HUKUM NASIONAL

4

Irfan Nugraha

FISIP UI

5

Mitta Marissa Azmi

PT MAERSK INDONESIA

6

Tubagus Farih Murti

HI FISIP UI

7

Herman Efendi M. T

SDN BINTARO 05

8

Ni Made Vira S

HI FISIP UI

9

Irvan Harisandy

TNI AU

10

Roselina Peni K

MABES TNI

11

Marcelina Tri N

LEMSANEG RI

12

Budi Siswanto

LEMSANEG RI

13

Pulung Patria Daga

TNI AD

14

Arvin Setiadi

ARTHA GRAHA NETWORK

15

Stefanus C Ady W

TNI AL

16

Aditya Nugraha

TNI AD

17

Budi Santoso

TNI AD

18

Alfonsus Richard H

TNI AD

19

Pudiastuti Citra Adi

Kejaksaan RI

20

Hengky S

TNI AD

21

Donny Alamsyah

Pengacara

 

            Dalam kegiatan pemberian materi kuliah ini, terdapat dua kegiatan kuliah kerja yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar negeri. Kegiatan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Jurusan Manajemen Pertahanan dilaksanakan di Pulau Sebatik Kalimantan Timur dengan titik berat melaksanakan penelitian terkait dengan rasa kebangsaan rakyat Indonesia yang berada di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Selanjutnya, Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) bertempat di Naval Post-Graduate School, San Francisco, AS. Di sini para mahasiswa mengikuti  kursus Defence Resources Management, yakni kursus singkat selama 2 minggu yang berisi tentang cara pengelolaan sumber daya pertahanan secara lebih efektif dan efisien.

Dalam kegiatan belajar-mengajar di kampus, proses pemberian materi kuliah berlangsung setiap hari Senin-Jumat dari jam 08.00 sampai dengan jam 14.00 dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Namun demikian, Bahasa Indonesia masih tetap digunakan apabila dosen pengajar berasal dari Universitas dalam negeri dan apabila  dosen yang bersangkutan  memilih untuk menggunakan bahasa Indonesia. Ujian Tengah Semester (UTS) dilaksanakan setiap kali sebuah modul selesai diberikan, sedangkan Ujian Akhir Semester (UAS) dilaksanakan setiap 6 bulan sekali setelah beberapa modul sudah diberikan.

             Rangkaian kegiatan belajar diakhiri dengan pembuatan tugas akhir berupa Tesis. Setiap mahasiswa diberikan waktu sekitar tiga bulan dan dalam pengerjaannya dipandu oleh tiga orang dosen pembimbing. Dalam pembuatan Tesis ini, penulis mengangkat judul yang masih terkait dengan korps Arhanud yakni Analisa Efektivitas Rudal Arhanud Dengan Menggunakan Metode Value Focussed Thinking Untuk Pemilihan Rudal Arhanud Kostrad yang berisi tentang metode untuk memilih satu diantara beberapa alternatif alutsista dengan parameter yang obyektif dan terukur. Metode ini didapatkan penulis ketika mengikuti kursus Defence Resource Management di Naval Post-Graduate School, AS. Dalam pengerjaannya, penulis mendapatkan asistensi dari tiga orang dosen pembimbing yang sudah ditunjuk oleh pihak rektorat yakni Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti dari Pusat Penelitian Ilmu Politik LIPI, Mayjen TNI (Purn) Dadi Sutanto, S.H.,M.H, mantan Dirjen Strahan Kementerian Pertahanan yang juga salah satu sesepuh Korps Arhanud, serta Kolonel dr. Ben Yura Rimba, MARS., Kepala Jurusan Manajemen Bencana di Universitas Pertahanan.

            Akhirnya, dalam sidang tesis yang dihadiri oleh dua dosen pembimbing dan tiga dosen penguji, penulis dapat mempertahankan Tesis yang telah dibuat dan mendapat nilai A-. Nilai tesis tersebut kemudian digabungkan dengan seluruh nilai UTS dan UAS yang telah dikerjakan sebelumnya sehingga pada penghitungan akhir, penulis dapat lulus di wisuda dari Universitas Pertahanan dengan IPK Kumulatif 3,62.

            Saat ini, Unhan terus mengembangkan diri untuk semakin aktif dalam menyiapkan SDM Indonesia yang memiliki kompetensi di bidang pertahanan baik dari kalangan militer maupun sipil dengan membuka lagi lebih banyak jurusan-jurusan baru yang merupakan cabang dari ilmu pertahanan. Dari tujuh jurusan yang ada sekarang, akan dibuka lagi satu jurusan baru yakni Keamanan Maritim mulai tahun 2014 dan disusul rencana pembukaan jurusan-jurusan lainnya seperti Industri Pertahanan, Strategi Pertahanan Untuk Ancaman Non-Militer, dan Cyber-Defence. Sebagai insan militer yang turut peduli terhadap isu-isu pertahanan Negara, sudah sepantasnya seluruh komponan bangsa termasuk anggota TNI sebagai unsur utama pertahanan negara memberikan doa dan dukungan agar Universitas Pertahanan semakin di akui dunia Internasional sebagai salah satu universitas pertahanan yang berkelas Internasional dan dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

 

                                                                                                                Malang,     April 2013

                                                                                                                 Pgs Gumil Gol. VI Deptikstaf

 

 

                                                                                                                 Pulung Patria Daga M.Si (Han)

                                                                                                                   Mayor Arh NRP 11990054870678

Catatan :  Saran, kritik, dan pertanyaan terkait artikel ini silakan kirimkan surel di alamat email pulung_daga@yahoo.com.


 

ARTIKEL LAINNYA

     -  Army Leadership
     -  DEPARTEMEN SISTIM SENJATA PUSDIKARHANUD
     -  Essy
     -  DEPARTEMEN TAKTIK DAN STAF PUSDIKARHANUD
     -  MENDESAINSISTEM KENDALI TEMBAK MERIAM 57 MM S 60 T. AKT MENGGUNAKAN SURVEILANCE RADAR RAPIER UNTUK M
     -  MENDESAINSISTEM KENDALI TEMBAK MERIAM 57 MM S 60 T. AKT MENGGUNAKAN SURVEILANCE RADAR RAPIER UNTUK M
     -  PAT TILLMAN dan PAK DIRMAN (serta Mak Eroh)
     -  Karangan Militer
     -  9 LANGKAH MENUJU SIKAP MENTAL POSITIF
     -  MALAIKAT KECILKU
     -  IT , INOVASI BAGI DUNIA PENDIDIKAN
     -  UNTUK MU TUHANKU
     -  MENGUKUR TINGKAT KEMATANGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK INSTITUSI PENDIDIKAN




 

KOMANDAN KODIKLAT TNI AD

Letjen TNI Agus Kriswanto


English Corner

Battle of Goose Green

The Use of Air Defense Weapon System

Culture Of Indonesia:As a Consideration in Company Level Operation


Link Kodiklat


Statistik


  Visitors :738254 Org
  Today : 497 Users
  Month : 2517 Users
  Online : 34 Users
  Hits : 1890693 hits


Gallery


Latihan Young Modo
Young Modo


 
Copyright © 2010   Pusdikarhanud.mil.id - Pusdikarhanud . Design by e.web.id