Blog

Berita & Artikel seputar  Pusdikarhanud

UPACARA TRADISI KORPS PEMBARETAN DAN PENYEMATAN BREVET ARHANUD SISWA DIKJURTA ARHANUD ABIT DIKMATA TNI AD GEL I TA 2020

by | 27/01/2021 | Uncategorized

Batu. Komandan Pussenarhanud Kodiklatad Mayjen TNI Nisan Setiadi S.E. bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Pembaretan Siswa Dikjurta Arhanud Abit Dimata TNI AD Gel I TA 2020 bertempat di Lapangan Sudirman Pusdikarhanud, Rabu (27/01/2021)

Dalam sambutannya Danpussenarhanud mengucapkan SELAMAT DATANG dan SELAMAT BERGABUNG di Keluarga Besar Korps Arhanud kepada para Siswa Dikjurta Arhanud sekalian. Acara tradisi yang dilaksanakan bukan sekedar acara seremonial belaka, akan tetapi di dalamnya mengandung makna yaitu menanamkan rasa kebanggaan dan jiwa korsa atau Esprit De Corps kepada setiap prajurit yang baru bergabung dalam Korps Arhanud.

Danpussenarhanud juga menyampaikan bahwa di kepala kalian telah dipasangkan baret coklat yang bukan hanya sekedar tutup kepala belaka, akan tetapi merupakan suatu mahkota kebanggaan dan kehormatan bagi setiap prajurit Arhanud TNI Angkatan Darat yang harus selalu dijunjung tinggi.

Emblem yang terpasang pada baret dengan sesanti “Vyati Rakca Bhala Cakti“ mengandung arti Prajurit Sakti Pengawal Angkasa. Untuk itu buktikan bahwa kalian semua adalah benar-benar Prajurit Pengawal Udara yang Sakti.

Selain itu di dada kalian telah tersemat Brevet Arhanud yang menjadi kebanggaan kita bersama. Brevet itu merupakan simbol bahwa kalian dilahirkan sebagai prajurit TNI AD dengan korps Arhanud.

Brigjen TNI Elman Nawendro, M.Sc.

Brigjen TNI Elman Nawendro, M.Sc.

Komandan Pusdikarhanud

“ Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih. Akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi ”

Panglima Besar Jend. Soedirman

“ Kamu bukanlah tentara sewaan tetapi prajurit yang berideologi, sanggup berjuang menempuh maut untuk kelahiran Tanah Airmu ”

Panglima Besar Jend. Soedirman

“ Ingat, bahwa prajurit Indonesia bukan prajurit sewaan, bukan prajurit yang menjual tenaganya karena hendak merebut sesuap nasi dan bukan pula prajurit yang mudah dibelokkan haluannya karena tipu dan nafsu kebendaan, tetapi prajurit Indonesia adalah dia yang masuk ke dalam tentara karena keinsafan jiwanya, atas panggilan ibu pertiwi. Dengan setia membaktikan raga dan jiwanya bagi keluhuran bangsa dan negara”

Panglima Besar Jend. Soedirman

“ Pelihara TNI, pelihara angkatan perang kita, jangan sampai tni dikuasai oleh partai politik manapun juga. Ingatlah, bahwa prajurit kita bukan prajurit sewaan, bukan parjurit yang mudah dibelokkan haluannya, kita masuk dalam tentara, karena keinsyafan jiwa dan sedia berkorban bagi bangsa dan negara ”

Panglima Besar Jend. Soedirman

Berita & Artikel terkait

LARI LINTAS MEDAN

LARI LINTAS MEDAN

Batu, Tim Jasmil Pusdikarhanud menyelenggarakan Evaluasi Lari Lintas Medan bagi Kompi 1 siswa Dikjurta Arhanud Abit Dikmata TNI AD Gel. I TA 2021 bertempat di Pusdikarhanud kompleks. Jumat 08 Oktober 2021. Evaluasi Lari Lintas Medan ini mengambil lintasan di area...